Architectural Ornament grcArchitectural Ornament grcArchitectural Ornament grc

GRC (Glassfiber Reinforced Cement), bahan bangunan yang pertama kali dikenalkan di Inggris dan masuk ke Indonesia pada akhir 70-an. Produk ini merupakan salah satu pengembangan dari beton. GRC disebut beton ringan. Bahan dasarnya hampir sama dengan beton biasa.

Baik beton biasa maupun GRC ini dibuat dari campuran semen dan pasir. Hanya bedanya, untuk beton biasa memiliki tulangan besi di dalamnya, sedangkan GRC menggunakan serat (glassfiber) sebagai penguatnya. Oleh karena penguat tersebut menggunakan serat, maka GRC menjadi lebih ringan dibandingkan dengan beton biasa,”

GRC tidak bersifat struktural. GRC ini tidak diperuntukan untuk mendukung / menerima beban. Dimana produk grc ini hanya bersifat dekoratif saja ( Architektural Ornament). Produk ini hanya untuk memberikn aksen dekoratif pada suatu bangunan supaya bisa mendapatkan bentuk yang indah (ESTETIKA) pada suatu bangunan.

Adapun pengaplikasian GRC ini biasanya dipakai sebagai bahan pelapis kolom (Cover coloumn), Lisplank, Kerawangan (Sunshide), Kubah (Dome), Dinding (Cladding), Ukiran dan lain – lain.

GRC bisa dibuat sesuai disain yang diinginkan. Bentuk-bentuk yang sangat rumit seperti ukiran pun mampu dihasilkan dari proses pencetakan GRC.

Karena alasan inilah GRC banyak dimanfaatkan sebagai elemen dekoratif pada suatu bangunan. Untuk menciptakan bentuk bangunan yang indah dan sekaligus dapat menaikan nilai jual bangunan itu sendiri.

Salam
REKARUANG group

previous arrow
next arrow